Prinsip- Prinsip Pengembangan Masyarakat


PRINSIP-PRINSIP PENGEMBANGAN MASYARAKAT
( Tugas Responsi Pengembangan Masyarakat )








Oleh
Kelompok 3
Budi Setiawan                              1214121040
Pamungkas Desta Swandaru        1214121116
Rumse Fitriana S                          1314121024
Triono                                           1214121220
Wening Tyas Aprilia                    1214121225



 

JURUSAN AGROTEKNOLOGI
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS LAMPUNG
2015


I.     PENDAHULUAN  

1.1  Latar Belakang
Pembangunan sosial, ekonomi, budaya,lingkungan hidup, kepribadian dan spiritual merupakan aspek penting dalam kehidupan masyarakat. Karena itu, program pengembangan masyarakat hendaklah mencakup keseluruhan aspek pembangunan tersebut.Meskipun demikian, sering ditemui bahwa suatu pengembangan masyarakat lebih menonjol di satu atau dua aspek tertentu dari berbagai kebutuhan pembangunan yang disebut itu. Karenanya aspek-aspek yang paling lemahlah yang lebih memperoleh prioritas perhatian dalam program pengembangan masyarakat. Aspek-aspek pembangunan prioritas tersebut diatas harus selalu menjadi bahan pertimbangan sehingga keputusan untuk lebih berkonsentrasi pada satu atau dua aspek tertentu dilakukan secara sadar dan sedapatnya merupakan pilihan komunitas sendiri, bukan keputusan yang ditetapkan oleh para perencana atau pekerja pengembangan komunitas yang didasarkan pada sekedar asumsi sepihak. Dalam pengembangan masyarakat ada beberapa prinsip-prinsip pengembangan masyarakat tersebut (Mardikanto, 2011).
pengembangan masyarakat pada dasarnya adalah upaya melakukan sosial engineering (rekaya sosial) untuk mendapatkan suatu perubahan tatanan sosial kehidupan sosial yang lebih baik. Pengembangan masyarakat merupakan proses perencanaan perubahan sosial yang berlandaskan pada nilai-nilai yang berlaku di masyarakat. Sasaran utama pengembangan masyarakat lebih pada setting sosial kehidupan masyarakat daripada individu-individu. Landasan berpikir para ahli dalam melihat problem yang dihadapi masyarakat adalah sebuah permasalahan sosial yang oleh karena itu pemecahannya mesti dilaksanakan dalam skala kehidupan social (Kenny, 1994)


1.2  Tujuan
Adapun tujuan dari responsi peranan pengembangan masyarakat dalam pembangunan adalah sebagai berikut:
1.      Untuk mengetahui pentingya prinsip-prinsip pengembangan masyarakat
2.      Untuk mengetahui kekurangan serta kelebihan dari setiap prinsip tersebut





II.    PRINSIP-PRINSIP PENGEMBANGAN MASYARAKAT

10 prinsip pengembangan masyarakat yang dianggap diterapkan diseluruh dunia (sanders,1958):
1.    kegiatan yang dilaksanakan harus berhubungan dengan kebutuhan dasar masyarakat.
2.    Kemajuan lokal dapat diciptakan melalui upaya-upaya pengembangan masyarakat yang penuh dan seimbang menentukan tindakan bersama dan penyusunan program multi tujuan
3.    Perubahan sikap orang-orang adalah sama pentingya dengan pencapaian kemajuan  material dari program-program masyarakat selama tahap-tahap awal pembangunan.
4.    Mengarah pada partisipasi orang-orang yang meningkat  lebih baik dalam masalah masyarakat.
5.    Identifikasai, dorongan semangat dan pelatihan pimpinan lokal harus menjadi tujuan dasar setiap program.
6.    Kepercayaan yang lebih besar pada partisipasi masyarakat dan kaum muda dalam proyek pengembangan masyarakat akan memperkuat program pengembangan, memapankan dalam basis yang luasdan menjamin ekspansi jangka panjang.
7.    Memerlukan dukungan intensif dan ekstensif dari pemerintah
8.    Penerapan program pengembangan masyarakat dalam skala nasional memerlukan pengabdosian kebijakan yang konsisten.
9.    Bentuk organisasai non pemerintah harus dimanfaatkan.
10.  Kemajuan ekonomi dan sosial pada tingkat local masyarakat pembangunan yang parallel ditingkat nasional.


Prinsip-prinsip pembangunan masyarakat akan menjadi ranah bagi implementasi pembangunan masyarakat. Korelasi dari prinsip-prinsip tersebut sangat diperlukan dalam upaya mewujudkan keberhasilan pembangunan masyarakat.
(Jim Ife ,1995) mengungkapkan 22 prinsip pembangunan masyarakat yaitu:

1.    Pembangunan terpadu dan seimbang
Pembangunan masyarakat pada dasarnya harus mencakup pembangunan di bidang politik, ekonomi, sosial, kultural, lingkungan dan personal atau spiritual.

2.    Konfrontasi terhadap ketimpangan struktural
Pembangunan masyarakat harus mampu merubah adanya ketimpangan kelas maupun ketimpangan gender dalam rangka mewujudkan keadilan sosial bagi masyarakat.

3.     Menjunjung tinggi hak asasi manusia
Hak-hak yang perlu diperhatikan oleh pemerintah adalah pemenuhan tiap standard kehidupan, hak mendapatkan pendidikan, hak untuk berpartisipasi dalam kehidupan kultural komunitasnya, hak untuk berkembang secara mandiri dan hak untuk mendapatkan perlindungan keluarga.

4.    Keberlanjutan
Dua aspek penting dalam rangka mewujudkan keberlanjutan pembangunan adalah pentingnya pembangunan tersebut memperhatikan dimensi keseimbangan ekologis dan keadilan sosial.

5.    Pemberdayaan
Konsep pemberdayaan menjadi basis utama dalam  pembangunan masyarakat. Pemberdayaan memiliki makna membangkitkan sumber daya, kesempatan, pengetahuan dan keterampilan mereka untuk meningkatkan kapasitas dalam menentukan masa depan mereka.

6.    Pembangunan personal dan politik
Pembangunan masyarakat pada hakekatnya perlu untuk menyeimbangkan hubungan antara personal dan politik, individu dan struktur maupun personal
privat dan publik.

7.    Pemilikan komunitas
Pemilikan komunitas mencakup dua level, yaitu kepemilikan pada sebuah benda material dan kepemilikan pada struktur serta proses.

8.     Kemandirian
Kemandirian memiliki makna bahwa komunitas seharusnya  mendayagunakan sumber-sumber daya yang ada dengan kekuatan sendiri dan tidak bergantung pada pihak eksternal. Kemandirian komunitas akan sangat bermanfaat dalam menghadapi ketidakpastian dan krisis.

9.     Independen dari negara
Hal ini tidak berarti bahwa dukungan pemerintah tidak perlu diterima. Dukungan pemerintah sangat diperlukan untuk memulai proses pembangunan masyarakat..

10.  Tujuan dekat (antara) dan visi akhir jangka panjang
Dalam pembangunan masyarakat adalah sangat penting dan essensial untuk menjaga keseimbangan antara tujuan dekat dan tujuan akhir jangka panjang. Hal ini selaras dengan prinsip ekologis dan prinsip keadilan sosial seperti yang telah diuraikan di muka

11.   Pembangunan organis
Pembangunan organis pada dasarnya menjadi suatu konsep yang berlawanan dengan pembangunan yang bersifat mekanistik.

12.  Tahapan pembangunan
Konsekuensi logis dari konsep pembangunan organis adalah adanya suatu keharusan bahwa suatu proses pembangunan harus melalui beberapa tahapan. Dengan demikian, pembangunan masyarakat memerlukan proses waktu yang lama, sebab ia lebih mengutamakan keaktifan dari partisipasi komunitas.

13.  Bebas dari tekanan luar
Pembangunan masyarakat tidak akan berjalan dengan baik, ketika ada tekanan-


tekanan dari pihak eksternal. Oleh karena itu, pembangunan masyarakat haruslah dibangun secara murni oleh komunitas itu sendiri dengan memperhatikan sensivitas terhadap budaya komunitas lokal, tradisi dan lingkungan

14.  Pembangunan komunitas
Semua pembangunan masyarakat seharusnya bertujuan untuk membangun komunitas. Pembangunan komunitas meliputi semua interaksi sosial dengan komunitas dan membantu mereka untuk mengkomunikasikan apa yang menjadi jalan untuk menuju dialog yang murni, pemahaman dan aksi sosial.

15. Proses dan hasil
Penekanan pada proses dan hasil menjadi issue utama dalam kerja komunitas. Pendekatan pragmatis cenderung hanya akan melihat hasil, sehingga bagaimana upaya untuk memperoleh hasil tersebut tidaklah begitu penting. Dalam konteks ini, moral dan etika dalam memperoleh hasil akan menjadi pusat perhatian.

16. Integritas proses
Integritas dalam proses akan menjadi unsur penting dalam menentukan hasil dan tujuan. Proses bimbingan sosial masyarakat mengandung dua unsur pokok yaitu perencanaan dan pengintegrasian masyarakat yang dapat memperlancar penumbuhan kesadaran akan loyalitas kepada masyarakat dimana perorangan, peningkatan perasaan tanggungjawab terhadap kondisi serta kedudukan masyarakat.

17.  Anti kekerasan
     Pada konteks ini, pembangunan masyarakat menghendaki sebuah proses pendekatan yang anti kekerasan.

18.  Inklusif
Aplikasi prinsip inklusif dalam pembangunan masyarakat membutuhkan proses
adanya keterlibatan masyarakat untuk mengambil bagian dalam proses pelaksanaan pembangunan.

19.  Konsesus
Prinsip anti kekerasan dan pendekatan inklusif memerlukan proses pembangunan masyarakat yang seharusnya dibangun atas dasar konsesus dan keputusan konsesus tersebut seharusnya dibuat untuk dapat diaplikasikan. Pendekatan konsesus pada hakekatnya didasarkan pada persetujuan dari masyarakat dan hal ini merupakan konsekuensi dari prinsip anti kekerasan dan inklutif. Dengan prinsip ini, diharapkan tidak ada menganalisa dan alienasi dalam kehidupan masyarakat.

20. Kooperasi
Perspektif ekologis dan pendekatan anti kekerasan kedua-duanya menekankan pada kebutuhan struktur yang kooperatif daripada struktur yang kompetitif. Banyak dari struktur, proses dan institusi masyarakat modern dibangun  atas dasar asumsi kompetisi yang baik, termasuk sistem pendidikan, ekonomi, kesibukan, pekerjaan, seni, rekreasi dan pelayanan kesehatan

21.  Partisipasi
Prinsip partisipasi yakni bertujuan mendorong tumbuhnya perubahan sikap dan perilaku masyarakat yang kondusif untuk kemajuan, meningkatkan kualitas partisipatif masyarakat dari sekedar mendukung, menghadiri, menjadi konstributor kegiatan dakwah dan menyegarkan dan meningkatkan efektifitas

22.  Mendefinisikan kebutuhan
Kebutuhan yang harus dipenuhi sesuai kebutuhan.

Adi mengemukakan bahwa dalam usaha menggambarkan pengembangan masyarakat, terdapat 5 (lima) prinsip dasar yang amat penting yaitu :
1.    Penekanan pada pentingnya kesatuan kehidupan masyarakat dan hal yang terkait dengan hal tersebut.
2.    Perlu adanya pendekatan antar tim dalam pengembangan masyarakat
3.    .Kebutuhan akan adanya community worker yang serba bisa (multi purpose)
4.    pada wilayah pedesaan
5.    Pentingnya pemahaman akan pola budaya masyarakat lokal
6.    Adanya prinsip kemandirian yang menjadi prinsip utama dalam pengembangan masyarakat (Moh, 2005)




III.      KELEBIHAN MASING-MASING PRINSIP

3.1  Prinsip-prinsip Sanders
Pada prinsip-prinsip yang dikemukakan oleh Sanders kelebihannya antara lain pengembangan masyarakat didasarkan terhadap cerminan masalah utama dalam masyarakat tersebut . Hal tersebut akan lebih efektif dalam mewujudkan tujuan dari pengembangan masyarakat itu sendiri. Karena seperti yang kita ketahui bahwa pengembangan masyarakat untuk masalah utama dalam masyarakat setempat akan lebih berguna dan bermanfaat. Dalam prinsip ini, perubahan sikap dan peningkatan dari partisipasi masyarakat sangat dianggap penting. Hal tersebut ,merupakan salah satu dari kelebihan prinsip dikarenakan apabila masyarakat sangat antusias dalam arti partisipatif dan terjadi perubahan sikap atau perilaku dari masyarakat itu sendiri maka dapat dikatakan bahwa tercapainya tujuan dari pengembangan masyarakat. Memanfaatkan lembaga pemerintahan juga akan menunjang keberhasilan pengembangan masyarakat.
3.2  Prinsip-prinsip Jim Ife
Penjelasan prinsip-prinsip pengembangan masyarakat dari Jim Ife dapat dikatakan sangat kompleks dan lebih modern. Sehingga setiap poin prinsip-prinsip yang dibutuhkan dijelaskan secara detail dan terperinci.  Hal tersebut merupakan kelebihan dari prinsip-prinsip dari Jim Ife. Keseimbangan pembangunan dan tidak ada kesetimbangan umur, jenis kelamin, dll sehingga pembangunan masyarakat dapat merata. Pembangunan masyarakat menurut prinsip ini juga harus bersifat keberlanjutan. Peningkatan komunitas juga dijelaskan dalam prinsip ini, namun kemandirian individu juga dipikirkan dan dikembangkan. Pemanfaatan lembaga pemerintahan untuk menunjang pula diperlukan dan dijelaskan dalam prinsip-prinsip pengembangan masyarakat ini. Partisipasi masyarakat juga menjadi salah


satu prinsip. Kelebihan yang terakhir adalah prinsip-prinsip ini memperhatikan proses pengembangan masyarakat dan ditinjau hasil keberhasilannya.
3.3  Prinsip-prinsip menurut  Adi
Kelebihan dari prinsip-prinsip ini antara lain lokasi dari pengembangan masyarakat yaitu pedesaan. Seperti kita ketahui bahwa wilayah pedesaan membutuhkan pengembangan masyarakat yang lebih dibandingkan daerah kota. Pentingnya mengetahui pola budaya masyarakat setempat pula sangat penting untuk mempermudah melakukan pendekatan terhadap masyarakat. Prinsip ini juga menjelaskan tentang kualitas pelaku pengembangan masyarakat untuk keberhasilan pengembangan masyarakat.



IV.      KEKURANGAN MASING-MASING PRINSIP

4.1  Prinsip-prinsip menurut Sanders
Dalam pengembangan masyarakat, tidak hanya dibutuhkan partisipasi dalam orangmuda, karena banyak oarang-orang tua yang mempunyai banyak pengalaman dibandingkan anak muda. Seharusnya pengembangan masyarakat tidak hanya difokuskan pada satu golongan namun secara merata. Dalam prinsip ini dikemukakan bahwa diperlukannya dukungan pemerintah secara intensif dan ekstensif. Namun sayangnya, dukungan pemerintah dalam pengembangan masyarakat dibeberapa wilayah masih dianggao kurang. Jadi apabila dukungan masyarakat merupakan salah satu prinsip, hal tersebut dapat menghambat keberhasilan pengembangan masyarakat.
4.2  Prinsip-prisip menurut Jim Ife
Prinsip Ife dijelaskan sangat kompleks sehingga sangat sedikit kami dapat melihat kekurangan dari prinsip ini. Kekurangannya antara lain tidak disinggungnya mengenai kualitas individu/lembaga sebagai pelaku pengembangan masyarakat. Kualitas dari “pelaku” tersebut sangat menentukkan bagaimana mengatasi masalah-masalah yang terjadi dan berdampak pada keberhasilan. Apabila kualitas “pelaku” tersebut rendah kegagalan pengembangan masyarakat akan berpeluang besar.  Begitu pula sebaliknya, apabila kualitasnya bagus maka peluang keberhasilannya tinggi.
4.3  Prinsip-prinsip menurut Adi
Kurangnya tenagakerja sebagai pembimbing sosial pendekatan terhadap masyarakat yang mau berpartisipasi. Kurangnya jumlah dapat menyebabkan terhambatnya program pengembangan masyarakatnya. Prinsip ini kurang


menjelaskan tentang adanya sarana dan prasarana baik dari pemerintah maupun pemerintah yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang keberhasila dari pengembangan masyarakat itu sendiri. Jangkauan untuk mencapai lokasi pedesaan pula membutuhkan biaya yang mahal dan waktu yang cukup lama. Prinsip ini pula tidak menyinggung masalah peninjauan proses dan keberhasilan program. Hal tersebut seharusnya dapat menjadi penilaian untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan yang dilakukan.






V.    KESIMPULAN

Adapun kesimpulan dari makalah ini adalah sebagai berikut :
1.      Prinsip-prinsip pembangunan masyarakat akan menjadi ranah bagi implementasi pembangunan masyarakat. Korelasi dari prinsip-prinsip tersebut sangat diperlukan dalam upaya mewujudkan keberhasilan pembangunan masyarakat.
2.      Dalam pengembangan masyarakat. metode dan teknik sangat erat hubungannya. Kedua hal itu tidak dapat dipisahkan karena karakteristik masyarakat sangat beragam, metode akan menganalisis masyarakat masuk dalam karakteristik masyarakat sehingga dapat diketahui teknik yang akan digunakan agar mudah  dalam proses pengembangan masyarakat. 
3.      Dari beberapa prinsip-prinsip tersebut teori dari Ife dianggap yang paling modern kerena mencangkup keterkaitan pembangunan masyarakat dengan lingkungan.
4.      Setiap masing-masing prinsip yang dikemukakan mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.





DAFTAR PUSTAKA

Ife, Jim. 1996. Community Development: Creating Community Alternatives Vision. Analisysis and Practice.Melbourne. Longman.
Kenny, S. 1994. Developing Communities For The Future Development The Australia. Australia : Nelson Australia Prelimited, Canbera.
Mardikanto, Totok. 2011. Pemberdayaan Masyarakat. Surakarta. UNS Press
Moh. Ali Aziz. 2005. Dakwah Pengembangan Masyarakat. Gramedia. Jakarta.


Post a Comment

[blogger][disqus][facebook][spotim]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

triono. Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget