Metode Partisipatif dan Implementasi Program Dalam Pengembangan Masyarakat



 METODE PARTISIPATIF DAN IMPLEMENTASI PROGRAM DALAM PENGEMBANGAN MASYARAKAT
(Laporan Responsi Mata Kuliah Pengembangan Masyarakat)





Oleh

Kelompok 3
Budi Setiawan                              1214121040
Pamungkas Desta Swandaru        1214121116
Rumse Fitriana S                          1314121024
Triono                                           1214121220
Wening Tyas Aprilia                    1214121225












JURUSAN AGROTEKNOLOGI
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS LAMPUNG
2015

III. METODE PARTISIPATIF DAN IMPLEMENTASI PROGRAM DALAM PENGEMBANGAN MASYARAKAT


3.1 Metode Partisipatif dalam Pengembangan Masyarakat
Partisipasi dapat dikatakan sebagai sebuah proses dimana para pemangku kepentingan mempengaruhi dan ambil bagian atas pengelolaan inisiatif dan keputusan-keputusan pembangunan dan sumberdaya yang mempengaruhi mereka. Kondisi masyarakat indonesia saat ini masih belum berdaya, baik dalam pengambilan keputusan maupun pelaksanaan pembangunan, sehingga mereka masih perlu didampingi pihak lain. Untuk itu pendampin harus melakukan pendekatan partisipatif.

Pada turung lapang ini kami mengunjungi kelurahan tanjung senang dimana pihak kelurahan sendiri memiliki metode partisipatif dalam menjalankan program-program pembangunan atau pengembangan masyarakat tahun 2015 di Kelurahan ini yang telah dilaksanakan yaitu:
1.    Posyandu
Program ini merupakan program pemerintah kota Bandar Lampung yang dilaksanakan kelurahan Tanjung Senang. Posyandu menjadi sarana untuk mengontrol kondisi ibu hamil, balita, dan lansia yang berada di wilayah kelurahan Tanjung Senang.pihak kelurahan dan kader-kader posyandu melakukan pendekatan dalam program posyandu ini, dengan memberikan pelayan-pelayan kesehatan untuk warga seperti pengecekan gula darah, tekanan darah, berat badan, tinggi badan, dan imunisasi sebagai upaya peningkatan kesehatan masyarakat di wilayah kelurahan Tanjung Senang. Pada umumnya posyandu dilakukan 1 kali dalam jangka waktu 3 bulan.
2.    Puskesmas Kelurahan
Program ini dibentuk untuk memenuhi kebutuhan kesehatan warga di wilayah kelurahan Tanjung Senang. Metode partisipatif yang digunakan pada puskesmas kelurahan ini tidak terlalu berbeda dengan program posyandu, yang membedakan hanya pada puskesmas kelurahan lebih fleksibel dalam hal pasien maupun waktu berkunjung dari pasien.
3.    Pelatihan Kelompok Tani
Di wilayah kelurahan Tanjung Senang terdapat beberapa lahan pertanian produktif seperti padi.Hal tersebut berindikasi pada mata pencarian beberapa warganya yaitu sebagai petani. Pihak kelurahan memberikan pendekatan partisipatif agar warga yang berprofesi sebagai petani dapat meningkatkan produktivitas komoditinya, dengan melakukan penyuluhan mengenai budidaya yang baik oleh kelurahan Tanjung Senang.Tentunya tidak hanya kelompok tani yang membudidayakan tanaman padi, tetapi kelompok tani budidaya jamur tiram.
4.    Ekonomi Kerakyatan
Program Ekonomi Kerakyatan (EKOR) diselenggarakan atas usul kelurahan Tanjung Senang kepada pemerintah kota Bandar Lampung. Ekor dilakukan untuk membantu masyarakat yang akan berwirausaha tetapi tidak memiliki modal. Dari program ini pihak kelurahan akan memberikan metode partisipatif dengan melakukan bantuan kembali kepada warga yang berprestasi dalam berwirausaha, pada tahun kedua dari seorang warga yang mengikuti program EKOR apabila berprestasi maka akan diberikan bantuan kembali kepada warga tersebut. Dengan demikian warga akan memiliki rasa ingin berpartisipasi secara positif dalam program ini.
5.    Bantuan Bedah Rumah
Program Bantuan Bedah Rumah (BBR) merupakan program pemerintah kota Bandar Lampung yang dilaksanakan oleh kelurahan Tanjung Senang. BBR bertujuan membantu masyarakat yang memiliki tanah atas namanya tetapi rumah yang dibangun di atas tanah tersebut tidak layak huni. Dengan adanya program ini piak kelurahan akan melakukan pendekatan kepada masyarakat dengan memberikan santunan dana dengan persyaratan tertentu bagi warga yang memiliki tanah namun rumahnya tidak layak huni. Dengan adanya persyaratan ini maka warga yang berpartisipasi dalam program ini adalah warga yang benar-benar membutuhkan bantuan tersebut.
6.    Peningkatan Kualitas Guru Ngaji
Program ini dilakukan bersamaan dengan pembaruan tempat ibadah (masjid/musholla) di lingkungan kelurahan Tanjung Senang. Guru ngaji diberikan dana untuk akomodasi dan sarana pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan pengajian di wilayah kelurahan Tanjung Senang. Pada program ini pihak kelurahan akan melakukan pendekatan dengan memberikan pendamping kepada warga yaitu seorang guru ngaji. dengan adanya guru ngaji dapat membantu warga yang belum lancar dalam hal mengaji maupun konsultasi tentang ilmu agama. Dengan demikian warga akan antusias dalam mengikuti program ini.
7.    Kebersihan Lingkungan
Program ini dilakukan secara gotong royong. Setiap warga di lingkungan kelurahan Tanjung Senang wajib membersihkan daerahnya. Pihak kelurahan akan melakukan pendekatan dimana akan mengajak warga ikut berpartisipasi dalam program kebersihan lingkungan disaat keadaan kelurahan yang sudah seharusnya dilakukan pembersihan lingkungan dari sampah maupun gulma.
8.    Keamanan Lingkungan
Program keamanan lingkungan dilaksanakan setiap hari, dibantu oleh SATPAM di wilayah tersebut. Pada program ini pihak kelurahan mengajak warganya untuk berpartisipasi dalam menjaga keamanan lingkungan dengan melakuakan ronda secara bergilir dalam 1 minggu sekali. Dengan terjaganya keamanan lingkungan maka warga akan berpartisipasi secara aktif dalam program ini.
9.    Perbaikan Infrastruktur
Program ini dilaksanakan dengan bantuan dana dari pemerintah kota Bandar Lampung. Demi kelancaran dalam usaha pengembangan masyarakat, maka diperlukan infrastruktur yang baik. Dari program ini mengajak warganya untuk mandiri dengan tidak mengandalkan dana bantuan pemerintah, warga berpartisipasi dalam program ini dengan melakukan iuran untuk perbaikan jalan. Sehingga jalan  yang ada dikelurahan ini terjaga dengan baik karena adanya partisipasi dari warga dalam hal menjaga infrastruktur.
3.2 Implementasi Program Pengembangan Masyarakat
Implementasi program pengembangan masyarakat didalam kelurahan Tanjung Senang saat ini sudah cukup banyak ragamnya. Keragaman tersebut dapat dilihat dari nama program, cakupan program, stakeholders yang terlibat, perencanaan, pelaksanaan dan hasil akhir yang dicapai. Dari ragam diatas maka dapat dilihat dari implementasi program-program yang ada pada kelurahan Tanjung Senang yaitu :
1.    Posyandu
Program ini merupakan program pemerintah kota Bandar Lampung, yang dilaksanakan oleh pihak kelurahan dan kader-kader posyandu untuk kelurahan Tanjung Senang. Program ini direncanakan sebagai sarana untuk mengontrol kondisi ibu hamil, balita, dan lansia yang berada di wilayah kelurahan ini. Dalam pelaksanaannya program ini tidak mengalami hambatan. Sehingga dapat dikatakan bahwa program ini berhasil memberikan dampak bagi warga dalam hal kesehatan warga yang terjaga dengan adanya program ini.
2.    Puskesmas Kelurahan
Program ini berasal  dari kelurahan yang dijalankan oleh dokter puskesamas untuk melayani warga kelurahan Tanjung Senang. Program ini direncanakan untuk memenuhi kebutuhan kesehatan warga di wilayah kelurahan Tanjung Senang. Dalam pelaksanaanya tidak terdapat hambatan. Dengan demikian program puskesmas kelurahan ini dikatakn sukses memberikan dampak pasitif kepada warga. Dengan terjaganya kesehatan warga dan menurunnya jumlah warga yang mengalami sakit.
3.    Pelatihan Kelompok Tani
Program ini berasal dari kelurahan yang dijalankan oleh pihak kelurahan bekerjasama dengan pihak penyuluh pertanian. Sasaran dari program ini adalah warga yang berprofesi sebagai petani. Program ini direncanakan untuk memberikan penyuluh kepada petani dalam berbudidaya tanaman secara baik. Dalam pelaksanaan program ini tidak terdapatnya suatu hambatan. Ditandai dengan meningkatnya produktivitas dari hasil pertanian yang ada dikelurahan Tanjung Senang.
4.    Ekonomi Kerakyatan
Program Ekonomi Kerakyatan (EKOR) diselenggarakan atas usul kelurahan Tanjung Senang kepada pemerintah kota Bandar Lampung. Program ini dilakukan dengan perencanaan membantu masyarakat yang akan berwirausaha tetapi tidak memiliki modal. Dalam pelaksanaannya terdapat sedikit hambatan yaitu terdapat beberapa warga yang belum membayar angsuran dari bantuan yang telah diberikan. Sehingga dengan adanya hambatan tersebut akan memberikan dampak kepada warga yang belum membayar angsuran maupun yang sudah membayar angsuran. Terdapat kemungkinan bahwa bantuan akan diberhentikan kepada warga apabila angsuran bantuan belum dibayar.
5.    Bantuan Bedah Rumah
Program ini merupakan program pemerintah kota Bandar Lampung yang dilaksanakan oleh kelurahan Tanjung Senang. BBR direncanakan untuk membantu masyarakat yang memiliki tanah atas namanya tetapi rumah yang dibangun di atas tanah tersebut tidak layak huni. Dalam pelaksanaanya tidak terdapat hambatan, dimana terdapat syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh warga pendaftar. Dengan adanya seleksi tersebut maka akan berdampak pada warga yang benar-benar membutuhkan bantuan BBR ini sehingga warga pendaftar tersebut sudah memiliki rumah tetap yang layak huni.
6.    Peningkatan Kualitas Guru Ngaji
Program ini berasal dari pemerintah kota, yang dilaksanakan oleh pihak kelurahan dan tim guru ngaji. dengan sasaran warga kelurahan khususnya anak-anak dan lansia. Direncanakan untuk sarana pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan pengajian dan pembaruan tempat ibadah (masjid/musholla) di lingkungan kelurahan Tanjung Senang. Dalam pelaksanaannya, program ini berjalan dengan lancar. Dengan adanya dampak dari warga yaitu meningkatnya warga yang mengikuti pengajian dari berbagai kalangan, serta membaiknya kualitas tempat ibadah yang berada dikelurahan.
7.    Kebersihan Lingkungan
Program ini berasal dari pemerintah kota, dijalankan oleh pihak kelurahan bekerjasama dengan Dinas Kebersihan. Program ini direncanakan untuk menjaga kebersihan lingkungan kelurahan Tanjung Senang. Dalam pelaksanaannya berjalan dengan lancar tanpa hambatan. Dampak bagi wargapun sangat baik, dimana keadaan kelurahan yang terlihat bersih dan asri, serta terdapatnya tempat pembuangan sampah umum. Sehingga sampah tidak berserakan.
8.    Keamanan Lingkungan
Program ini berasal dari pemerintah kota, yang dijalankan oleh pihak SATPAM dan warga. Program ini direncanakan untuk menjaga lingkungan kelurahan Tanjung Senang agar menjadi lebih aman dan damai. Program ini dalam pelaksanaannya berjalan dengan baik. Sehingga, memberikan dampak positif kepada warga yaitu berkurangnya tindak kejahatan seperti perampokan dan pembegalan yang sedang sering terjadi.
9.    Perbaikan Infrastruktur
Program ini dilaksanakan dengan bantuan dana dari pemerintah kota Bandar Lampung. Dijalankan oleh pihak Dinas Perkotaan khususnya dibidang perbaikan infrastruktur. Program ini direncanakan untuk menunjang  kelancaran dalam usaha pengembangan masyarakat, maka diperlukan infrastruktur yang baik. Hampir seluruh jalan di wilayah kelurahan Tanjung Senang telah diperbaiki. Dalam kegiatan dari program ini berjalan cukup baik. Dengan memberikan dampak baik kepada warga, dimana yang pada awalnya jalan pada kelurahan ini masi tanah hitam, saat ini sudah diaspal atau diperbaiki. Sehingga mempermudah akses jalan bagi warga setempat.





IV. KESIMPULAN


Dari hasil pembahasan yang telah didapatkan dapat diambil kesimpulan bahwa pada program-program yang telah dijalankan oleh pihak kelurahan Tanjung Senang yang telah melakukan metode partisipatif kepada warga, metode-metode tersebut dapat dikatakan mencakup pendekatan pembangunan lokalitas dan perencanaan sosial sehingga partisipasi dari warga dapat dikatakan tinggi terhadap program-program yang ada. Sedangkan untuk implementasi program sendiri berdampak baik bagi warga untuk program-program yang ada  dikelurahan ini. Hanya saja terdapat satu program yang mengalami hambatan dalam pelaksanaannya yaitu program ekonomi kerakyatan (EKOR).





DAFTAR PUSTAKA


Nasdian. 2014. Pengembangan Masyarakat. Jakarta (ID): Yayasan Pustaka Obor Indonesia. Jakarta







LAMPIRAN








Post a Comment

[blogger][disqus][facebook][spotim]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

triono. Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget