8 Tips Sukses Kuliah Kerja Nyata (KKN)

Tips KKN sukses


Karena pendaftaran KKN Unila periode Januari 2017 telah dibuka, sahabat Unila.net yang akan melaksanakan KKN kali ini saya ingin berbagi tips menjalani KKN agar sukses, Insya Allah. Jadi langsung aja yah berikut ini tipsnya:

1. Mengikuti Pembekalan
pembekalan penting karna disitulah kalian akan mendapatkan gambaran tempat KKN yang akan kamu tempati selama KKN. Selain itu di pembekalan akan diberitahukan tentang budaya, adat istiadat dan kebiasaan warga yang akan kamu tempati, Materi yang banyak untuk bekal KKN seperti filosofiposdaya, Action plan posdaya, pendekatan sosial dalam KKN, filosofi pelaksanaan KKN, Etika pergaulan di masyarakat, perumusan masalah yang akhirnya akan muncul program kerja yang berguna dimasyarakat, mekanisme pelaksanaan, sistem pelaporan hasil KKN. serta banyak hal penting lainnya selama kamu mengikuti pembekalan selain Pembekalan wajib diikuti peserta KKN. Kamu bakalan mengerti apa KKN, ngapain aja disana dan hasilnya apa?

2Survai santai tapi serius
survai biasanya dilakukan bersama DPL, Kordinator kabupaten, kordinator kecamatan, dan kordinator desa tidak jarang semua ikut dalam survai, disini survai adalah tahap “PDKT”, sebalum kamu benar- benar tinggal selama KKN dengan mengetahui keadaan desamu, yang harus dilakukan saat survai yaitu menanyakan beberapa pertanyaai selain mengakrabkan diri dengan kepala desa atau kepala kampungnya:

a.       Pastikan tempat tinggal selama KKN
tempat tinggal yang nyaman bakalan mendukung kamu dan tim kamu dalam menjalankan program kerja, tanyakan sepeti biaya tempat tinggal, listrik dan sebagainya, jangan sampai mahal ya kita masih mahasiswa pasti masih mengandalkan uang dari orang tua, selain itu makan biasanya ditawarin ketring atau dimasakin nah itu ditampung dulu aja abis itu kamu rapatin deh dengan kelompok kamu masalah makan serta survai langsung tempat tinggalmu ya sahabat unila.net.
b.      tanyakan data data penting
tanyakan kepada sekertaris desa atau kepala desa, bahkan masyarakat yang kalian jumpai saat survai carilah masalah yang ada didesamu, tanyaklah sebanyak mungkin untuk bekal kamu dalam menyusun program kerja, dengan mengetahui masalah yang ada kamu bakalan bisa merumuskan solusi yang direalisasikan dengan program kerja.
Contoh:
Selama survai saya mendapati bahwa di sesa itu banyak warga yang terserang penyakit demam berdarah, menurut penuturan warga ini disebabkan oleh lingkungan, jadi saya membuat beberapa program seperti kerja bakti, penyuluhan kebersihan dan demam berdarah, serta berobat gratis dan lain- lain.

      3. Program kerja yang logis
Setelah survai tentu kita membuat sebuah rancangan program kerja yang akan dilaksanakan selama KKN, buatlah program kerja yang dapat kalian laksanakan jangn muluk- muluk menjanjikan program kerja yang susah dan mengeluarkan banyak dana, banyak lebih baik sedikit tapi bermanfaat. yang paling penting partisipasi masyarakat setelah kalian tinggal selam KKN masyarakat bisa mandiri dan sadar untuk menjalankan program tersebut pasca kamu tinggal.

      4. Pembagian Job Description
dalam KKN kita memang dibagi kelompok- kelompok yang biasanya terdiri dari 6- 10 orang setiap kelompok, untuk memaksimalkan waktu selama KKN. Pembagian job description atau pembagian tugas masing- masing orang, mulai dari sekertaris, bendahara, ketua pelaksana serta lebih sepesifik itu sangat penting. perorang bakalan mempunyai program kerja individu setiap pemilik program dijadikan ketua pelaksana, disinilah pentingnya ilmu dari organisasi bagaimana mensukseskan program kerja  dengan kerja tim.

5. Rapat Evaluasi
Rapat evaluasi adalah kegiatan wajib setiap hari, saya tekankan setiap hari karena untuk monitoring kegiatan apa yang sudah dilakukan selama sehari itu. dan rencana apa yang akan dilakukan besok? untuk melaksanakan semua program kerja dengan baik, serta laporan keuangan, target program kerja agar selalu mengingatkan untuk menyelesaikan program kerja kita selama KKN, di saat rapat evaluasi kalian juga akan merasakan keberssamaan kelompok, cerita, canda, tawa, sedih dan curcol.

6. Pikirkan acara insidental diluar program kerja
setelah tinggal ditempat/desa KKN selain program kerja yang sesuai dengan rencana biasanya akan muncul hal- hal insidental atau baru karna tidak menutup kemungkinan pada saat survai dan merancang program kerja ada yang kurang jeli/ teliti menangkap informasi, jadi jangan ragu melakukan sebuah kegiatan baru diluar program kerja yang sudah direncanakan. malahan akan lebih bermanfaat bagi warga sekitar karna sebagai kebutuhan mereka .

7. Hindari Konflik Utamakan Tujuan
perbedaan latar belakang serta perbedaan pendapat dengan kelompok akan terjadi. hindari konflik yang akan menghambat penyelesaian program kerja. Utamakan tujuan kalian yakni KKN buat sehebat mungkin dan sukses, jika ada konflik selesaikan secara baik- baik duduk bareng di rapat evaluasi, Agar tidak terlarut- larut dan malah menjadi tidak karuan yang menghambat.

8. Kerjakan sekarang laporan KKN
Untuk yang satu ini adalah mengenail laporan KKN dimana selain kita satu bulan dalam perantauan kita juga harus ingat kita punya kewajiban kelompok untuk melaporkan segala kegiatan/ program kerja yang telah dilaksanakan. Agar tidak membebani setelah KKN mengerjakan laporan sebih baik segera dilakukan setiap selesai kegiatan/perhari jangan menunggu selesai KKN baru dikerjakan. ini akan menyusahkan kalian untuk mengerjakan laporan akhir KKN.

Selain tips diatas. Berikut hal- hal lain yang gak kalah penting yang harus diperhatikan selama KKN. Demi lancarnya kuliah kerja nyata tersebut:
  • Perbanyak sosialisasi dengan masyarakat sekitar. daripada mikirin program kerja atau bahkan nilai akhir, seperti mengikuti kegiatan masyarakat gotong royong, tahlilan, pengajian dsb
  • Minggu pertama maksimalkan keliling kampung dari kepala dusun, kaur, pemuda karang taruna untuk saling kenal dan dapat membantu jg dalam pelaksanaan program kerja
  • Kendala bahasa jangan jadikan alasan untuk tidak berinteraksi.
  • berbuatlah sekecil apapun yang kamu bisa
  •  3 S (SENYUM, SALAM, SAPA)

Semoga tips ini bermanfaat, semoga Kuliah kerja nyata kalian sukses dan sesuaidengan tujuan KKN, Jangan lupa sebarkan keteman-teman yang membutuhkan.


Post a Comment

[blogger][disqus][facebook][spotim]

MKRdezign

Contact Form

Name

Email *

Message *

triono. Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget