PENJELASAN UMUM
Lulusan sebuah perguruan
tinggi dituntut untuk memiliki academic knowledge, skill of thinking,
management skill dan communication skill. Kekurangan atas salah satu dari ke
empat keterampilan/kemahiran tersebut dapat menyebabkan berkurangnya mutu
lulusan. Sinergisme akan tercermin melalui kemampuan lulusan dalam kecepatan
menemukan solusi atas persoalan-persoalan atau tantangan-tantangan yang
dihadapinya. Perilaku dan pemikiran yang ditunjukkan akan bersifat konstruktif
realistik, artinya kreatif (unik dan bermanfaat) serta dapat diwujudkan.
Kemampuan berpikir dan bertindak kreatif pada hakekatnya dapat dilakukan setiap
manusia apalagi yang menikmati pendidikan tinggi. Kreativitas merupakan jelmaan
integratif 3 (tiga) faktor utama dalam diri manusia, yaitu: pikiran, perasaan
dan keterampilan. Dalam faktor pikiran terdapat imajinasi, pesepsi dan nalar.
Faktor perasaan terdiri dari emosi, estetika dan harmonisasi. Sedangkan faktor
keterampilan mengandung bakat, faal tubuh dan pengalaman. Dengan demikian, agar
mahasiswa dapat mencapai level kreatif, ketiga faktor termaksud diupayakan agar
optimal dalam sebuah kegiatan yang diberi nama Program Kreativitas Mahasiswa
(PKM).
PKM merupakan salah satu upaya yang dilakukan Direktorat
Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DITLITABMAS) Ditjen Dikti untuk
meningkatkan mutu peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar kelak
dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis dan/atau
profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan meyebarluaskan ilmu
pengetahuan, teknologi dan/atau kesenian serta memperkaya budaya nasional. PKM
dilaksanakan pertama kali pada tahun 2001, yaitu setelah dilaksanakannya program
restrukturisasi di lingkungan Ditjen Dikti. Kegiatan pendidikan, penelitian dan
pengabdian kepada masyarakat yang selama ini sarat dengan partisipasi aktif
mahasiswa, diintegrasikan ke dalam satu wahana yaitu PKM.
PKM dikembangkan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf
pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi
serta keimanan yang tinggi. Dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin
yang cendekiawan, wirausahawan serta berjiwa mandiri dan arif, mahasiswa diberi
peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap tanggungjawab,
membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang
kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni.
Pada awalnya, dikenal 5 (lima) jenis kegiatan yang ditawarkan
dalam PKM, yaitu PKM-Penelitian (PKM-P), PKM-Kewirausahaan (PKM-K),
PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M), PKM-Penerapan Teknologi (PKM-T) dan
PKM-Penulisan Ilmiah (PKM-I). Sejak Januari 2009, DITLITABMAS mengelola 6
(enam) PKM. Kompetisi Karya Tulis Mahasis¬wa (KKTM) yang semula menjadi tugas
Direktorat Akademik dalam pengelolaannya, dilimpahkan kepada DITLITABMAS.
Karena sifatnya yang identik dengan PKM-I, KKTM selanjutnya dikelola
bersama-sama PKM-I dalam PKM-Karya Tulis (PKM-KT). Dengan demikian, di dalam
PKM-KT terkandung 2 (dua) program penulisan, yaitu: PKM-Artikel Ilmiah (PKM-AI)
dan PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT). PKM-I atau selanjutnya disebut PKM-AI yang
merupakan artikel hasil kegiatan, tidak lagi ditampilkan dalam PIMNAS, namun
dimuarakan pada e-journal. Sedangkan PKM-GT yang berpeluang didiskusi¬kan dalam
forum terbuka, diposisikan sebagai pengganti PKM-AI di PIMNAS.
Pada tahun 2011, jumlah bidang PKM bertambah menjadi 7 (tujuh)
dengan terbitnya bidang PKM-KARSACIPTA. Uraian detilnya dapat disimak pada
bagian Karakteristik Umum setiap Bidang PKM.
Program Kreativitas Mahasiswa dialokasikan di DITLITABMAS Ditjen
Dikti bagi seluruh perguruan tinggi melalui penyediaan dana yang bersifat
kompetitif, akuntabel dan transparan.
KRITERIA
Kriteria yang meliputi inti kegiatan seperti materi kegiatan, strata
pendidik¬an, jumlah anggota, dosen pendamping, alokasi biaya, laporan akhir,
dan luaran dari ketujuh kegiatan PKM disajikan pada bagian tabel berikut.
Mulai tahun 2012 setiap kelompok pelaksana PKM yang diundang ke PIMNAS di setiap bidang wajib mengunggah Laporan Akhir dan Artikelnya. Artikel tersebut selanjutnya akan dipublikasikan dalam bentuk e-Proceeding.
KARAKTERISTIK
Tujuh jenis kegiatan PKM seperti telah dijelaskan pada bagian Kriteria memiliki misi dan tuntutan teknis pelaksanaan yang berbeda. Perbedaan tersebut ditunjukkan melalui karakteristik masing-masing PKM sebagaimana dirinci pada Tabel berikut.
Kesemua program ini menyaratkan ide kreatif mahasiswa sebagai salah satu unsur penilaian utamanya.
sumber: http://simlitabmas.dikti.go.id/#
Post a Comment